Kamis, 25 Desember 2008

Pengenalan Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat lainnya yang mempunyai satu tujuan besama. Sebuah jaringan komputer memungkinkan seorang user berkomunikasi dengan user lain dalam jaringan yang sama dengan mengirimkan data melalui media yang menghubungkan keduanya. Sebuah jaringan komputer terdiri dari dua atau lebih perangkat (seperti workstation, printer atau server) yang terhubungan bersama dengan tujuan untuk berbagi pakai informasi, resource atau keduanya. Server berfungsi sebagai pusat penyimpanan file dimana file tersebut dapat di akses dan di-sharing ke seluruh jaringan oleh banyak user. Oleh karena itu jaringan komputer juga memungkinkan untuk melakukan sharing printer, file, scanner dan internet.
Internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan jaringan untuk dapat berkomunikasi melalui "web". Fungsi internet seperti fasilitas pada jalan raya yang menghubungkan daerah satu dengan daerah lain baik personal, organisasi, institusi dll. Internet menekan waktu, biaya dan meniadakan jarak untuk berkomunikasi dan tukar menukar informasi di seluruh dunia.

Adapun jenis-jenis jaringan seperti di bawah ini.

Jenis-jenis Jaringan :
Baik dalam teknologi local area network (LAN) maupun wide area network (WAN), banyak komputer terhubung satu dengan lainnya untuk melayani user. Dalam hal pelayanan servis, masing-masing komputer dapat mempunyai fungsi atau peranan yang berbeda.
Dalam beberapa aplikasi membutuhkan beberapa komputer yang berfungsi sebagai partner untuk menyelesaikan suatu tugas. Sedangkan tipe aplikasi yang lain, ada satu komputer dijadikan server untuk melayani komputer-komputer lain.

0 komentar:

Posting Komentar

MyLanguage

WELCOME TO MYCOMPUTER